Tips Serta Cara Mudah Merawat Dan Membersihkan Karburator Motor

Tips Serta Cara Mudah Merawat Dan Membersihkan Karburator Motor – Karburator merupakan komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi menyatukan udara dan bahan bakar untuk disalurkan ke ruang pembakaran. Sebagai pemilik kendaraan sepeda motor, kita harus memahami cara merawat Karburator motor kita dengan baik dan benar. Perlu diketahui juga jika Karburator jarang dibersihkan maka dapat mengganggu kinerja mesin, mesin motor Anda akan jadi tersendat-sendat. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada motor kesayangan Anda kan? Nah, agar kinerja mesin tidak dapat terganggu maka kita harus rutin melakukan perawatan dan membersihkan Karburator motor kita.

Tapi apakah kita sudah mengetahui dan memahami cara membersihkan Karburator dengan benar? Jika belum, Kami akan membagikan sedikit informasi tentang Tips Serta Cara Mudah Merawat Dan Membersihkan Karburator Motor yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Sebelum itu penting juga bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab Karburator kita menjadi kotor, agar kita dapat melakukan pencegahan terhadap hal-hal yang menyebabkan Karburator motor kita menjadi kotor.

Berikut Ini Adalah Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Motor Yang Kotor

Penyebab Karburator Menjadi Kotor

  • Pegas yang telah kehilangan kelenturan
  • Sering bongkar pasang Karburator secara tidak tepat
  • Banyaknya kotoran pada Klep motor
  • Kebocoran pada bagian Membran


Jika Anda sudah mengetahui apa saja penyebab Karburator menjadi kotor, maka selanjutnya kita menuju ke proses Cara Membersihkan Karburator Yang Benar :

  1. Pertama untuk membersihkan Karburator adalah melepas Karburator dengan sangat berhati-hati dari Manifold atau dudukan agar nanti Anda bisa lebih mudah dalam membersihkan bagian-bagian Karburator yang kotor.
  2. Selanjutnya melakukan pembersihan pada Filter Udara dengan cara melepas bagian filter udara agar lebih mudah mengerjakannya, untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. Jika telah selesai, diamkan dulu beberapa saat filter udara yang telah dibersihkan sampai cairan pembersih mengering.
  3. Berikutnya adalah membersihkan dengan cara membuka mangkuk Karburator nya, lepas seluruh baut pengaitnya kemudian lakukan pengecekan terhadap kotoran yang mengendap atau menempel serta periksa juga apakah bagian ini terkontaminasi dengan air. Lakukan pembersihan dengan menggunakan kuas kecil dan lembut. Jika sekiranya sudah bersih maka bilaslah dengan menggunakan bensin dan jangan menggunakan air. Apabila masih ada kotoran yang membandel, Anda bisa menggunakan semprotan udara kompresor yang bertekanan tinggi agar kotoran-kotoran tersebut dapat terlepas.
  4. Setelah itu lakukan Pembersihan pada bagian pilot jet, main jet, dan needle jet. Untuk membersihkannya Anda perlu melepasnya satu per satu dengan hati-hati lalu segera bersihkan supaya Karburator bisa bekerja kembali. Cara membersihkan karburator dengan pembersihan pilot jet, main jet, dan needle jet ini pun bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan kompresor agar proses pembersihannya menjadi lebih maksimal.
  5. Yang kelima yaitu membersihkan spuyer. Anda bisa menggunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang menempel pada spuyer. Tapi yang perlu diperhatikan ketika proses membersihkan ialah Anda harus benar-benar berhati-hati supaya tidak merubah ukuran dari diameter spuyer kompresor. Apabila cara membersihkan karburator yang satu ini salah dan mengakibatkan spuyer kompresor ini mengalami perubahan pada ukuran diameternya maka akan sangat dimungkinkan mesin motor Anda tidak bisa dihidupkan.
  6. Terakhir yaitu merakit dan memasangnya kembali dengan benar. Langkah ini dilakukan setelah seluruh bagian pada karburator sudah dibersihkan. Jangan lupa juga untuk mengatur campuran bahan bakar dengan menyetel tingkat ketinggian pelampung bensin. Untuk mengatur ketinggian pelampung bahan bakar ini Anda bisa menggunakan jangka sorong. Apabila sudah selesai semua maka Anda rakit dulu seluruh komponen dari karburator yang sudah dilepas tadi. Kemudian pasang karburator pada dudukannya seperti semula.

Itu saja Tips Serta Cara Mudah Merawat Dan Membersihkan Karburator Motor. Apabila Anda menemukan sebuah kesulitan ketika Anda membersihkan karburator pada motor, maka segera bawa motor Anda ke bengkel agar masalah kesulitan yang Anda dapati bisa langsung diatasi sekaligus mendapat bimbingan dari ahlinya. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Salam autohkr.com

Tips Serta Cara Mudah Merawat Dan Membersihkan Karburator Motor | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply