Tips Dan Trik Mengecat Motor Dengan Teknik Mengecat Yang Benar

Tips Dan Trik Mengecat Motor Dengan Teknik Yang Benar – Untuk mengubah tampilan luar motor agar terlihat lebih baru, mengecat bodi motor mungkin jadi pilihan yang lebih tepat. Namun bagi kita yang belum pernah mengecat motor sendiri atau masih belum mengerti teknik mengecat dengan baik, maka sulit rasanya untuk mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna.

Nah untuk Teman-teman yang ingin mengetahui teknik dalam pengecatan yang baik dan benar, kami telah mengumpulkan beberapa Tips Dan Trik Mengecat Motor Dengan Teknik Yang Benar. Sebenarnya pengecatan yang baik dan tahan lama itu terletak pada proses awal bagaimana kita memperlakukan objek dengan telaten serta memakai campuran bahan yang tepat. Kondisi dari objek yang akan dilakukan pengecatan juga akan mempengaruhi bagaimana hasil akhir dari pengecatan tersebut.

Berikut Ini Adalah Tips Untuk Mengecat Motor Dengan Teknik Mengecat Yang Baik


Untuk mempermudah kita dalam melakukan pengecatan tentunya yang mesti di siapkan adalah bahan baku dan alat-alat pendukung yang nantinya akan di pergunakan, sehingga dari tahap awal sampai dengan ke finising pekerjaan terealisasi dengan mudah.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

  • Amplas
  • Epoxy
  • Dempul
  • Tinner
  • Cat
  • Clear Coat
  • Kompon / Kit

Alat-Alat Yang Digunakan

  • Kompresor Angin
  • Selangan Angin
  • Sped Cat

Langkah-Langkah Dalam Proses Melakukan Pengecatan


Pada langkah pertama sebaiknya memulai dengan melakukan pengamplasan terlebih dahulu, sebelum melakukan penyemprotan langkah awal yang wajib dilakukan ialah tahap pengamplasan, untuk tahap pengamplasan ini gunakanlah amplas yang sesuai agar permukaan yang akan di Cat menjadi halus dan biasanya untuk pengamplasan bodi yang berbahan plastik cukup dengan ukuran amplas 400 saja dan apa bila berbahan besi atau kaleng gunakan amples denga ukuran 200.

Setelah pengampalasan selesai barulah ketahap penyemprotan Epoxy, Untuk menggunakan Epoxy ini harus di campur dengan Tinner yang camapurannya di sesuaikan, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental yang sedang-sedang saja, Epoxy berfungsi untuk menutupi pori-pori agar permukaan yang akan di Cat semakin halus dan merata. Biasanya setelah penyemprotan epoxy merata dan kering ada saja pori-pori yang tidak tertutup karena permukaan kurang rata akibat lecet yang dalam atau bekas goresan yang dalam terhadap permukaan bodi, untuk mengatasinya kita bisa menutup kempali pori-pori dengan menggunakan Dempul.

Setelah didempul dan mengering lakukukan pengamplasan kembali hingga halus dan merata.  Setelah itu semprotkan Epoxy kembali sampai merata dan dempul tertutup kembali oleh Epoxy. Setelah penyemprotan Epoxy kedua ini selesai dan mendapatkan hasil permukaan yang akan di Cat halus dan merata tanpa adanya pori-pori, lalu panaskan hasil semprotannya hingga kering dan usahakan sampai benar-benar mengering atau kita bisa menunggu hingga satu hari untuk hasil yang lebih bagus.

“Jangan melakukan proses pengecetan di malam hari atau saat musim hujan karena proses pengeringan jadi tidak maksimal. Sebaiknya lakukan siang hari di ruangan tertutup, lebih baik lagi kalau dilengkapi blower. Setelah cat mengering sekitar 10 menit, barulah motor dijemur di luar ruangan”.

Selanjutnya adalah melanjutkan ke penyemprotan dasar Cat dan sebelum menyemprokan Cat, Cat juga harus ada campuran Tinnernya serta campuran Tinner-nya di sesuaikan, tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental, yang sedang-sedang saja.

“Penggunaan cat dasar juga sangat penting. Misalnya untuk cat merah menggunakan warna dasar putih, sedangkan untuk warna-warna metalik menggunakan warna dasar silver. Setelah proses pengecatan selesai, barulah disemprotkan dengan varnish untuk memberikan kilauan maksimum dan perlindungan”.

Setelah Cat dasar mengering kita bisa melangsungkan ke penyemprotan Clear, untuk Clear ada dua campuran yaitu Obat Clearny dan Tinner. Untuk campurannya juga tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Setelah Clear di semprotkan usahakan lakukan pengeringan semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan juga.

 Catatan : Untuk pemilihan Jenis/Merk Bahan Baku seperti, Cat, Clear, Tinner, Dempul semua tergantung dari Teman-teman semua yang memilih.

Langkah terakhir yaitu masuk ke tahap pengomponan (memoles), sebenarnya memoles tidak perlu dilakukan lagi jika hasil Cat-tan sudah bersih dan terhidar dari debu. Memoles sebenarnya hanya menghilangkan sisaan debu yang menempel, apa bila tidak ada ya, tidak perlu di poles lagi.

Itulah sedikit dari kami tentang Tips Dan Trik Mengecat Motor Dengan Teknik Mengecat Yang Benar. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Salam autohkr.com

Tips Dan Trik Mengecat Motor Dengan Teknik Mengecat Yang Benar | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply