Tips Dan Trik Berlatih Mengendarai Sepeda Motor Kopling Dengan Mudah Dan Cepat

Tips Dan Trik Berlatih Mengendarai Sepeda Motor Kopling Dengan Mudah Dan Cepat – Bagi Teman-teman yang ingin belajar cara mengendarai sepeda motor yang menggunakan kopling manual sebenarnya itu tidaklah sulit, yang terpenting adalah Anda harus berani untuk mencoba. Tapi sebelum mengendarai motor berkopling manual sebaiknya Anda juga sudah bisa mengendarai sepeda motor tanpa kopling manual.
Berlatih Mengendarai Sepeda Motor Kopling Dengan Mudah Dan Cepat
Perlu Anda perhatikan juga pada sistem transmisi sepeda motor kopling manual yang berbeda dengan sistem transmisi pada sepeda motor kopling otomotis, jika pada sepeda motor kopling otomatis susunan sistem transmisinya begini N-1-2-3-4 berbeda dengan sepeda motor kopling manual yang memiliki susunan sistem transmisi kebelakang begini 1-N-2-3-4-5. Jumlah transmisi gigi sepeda motor terkadang ada yang berbeda seperti kalau di Suzuki F150 itu bisa sampai enam, Vixion bisa sampai lima. Jika Anda sudah mengerti dengan sistem transmisi kita lanjut ke langkah-langkah yang harus Anda pelajari untuk mengendarai sepeda motor yang menggunakan kopling manual.

Berikut Langkah-Langkah Belajar Mengendarai Sepeda Motor Kopling Manual

Berlatih Mengendarai Sepeda Motor Kopling Dengan Mudah Dan Cepat
Pertama persiapkan mental Anda yang harus berani mencoba. Selanjutnya mulai memahami timing dan proses penekanan tuas kopling serta penekanan handel gigi pada motor.

Setelah itu naiklah ke atas motor dengan posisi badan dan tangan lebih yang tenang serta berkonsentrasi penuh, pastikan sistem transmisi dalam keadaan netral(N). Lalu nyalakan kontak sepeda motor Anda.

Jika sepeda motor telah menyala kemudian mulailah untuk menekan tuas kopling pada bagian sebelah kiri tangan Anda. Saat tuas dalam keadaan tertekan silahkan tekan handel gigi ke arah depan untuk masuk ke gigi satu menggunakan kaki kiri Anda dan tetap dalam konsentrasi penuh.

Selanjutnya lepaslah tuas kopling secara perlahan-lahan diikuti dengan menarik handel gas secara perlahan juga. Jika motor sudah berjalan lepaskanlah tuas kopling secara penuh.

Catatan : Jika pada posisi ini Anda melepas tuas kopling secara spontan atau kejut itu sangat berbahaya, sepeda motor Anda bisa saja melompat atau mesinnya akan mati secara tiba-tiba.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pergantian transmisi dari satu ke dua, lakukanlah ketika keadaan motor Anda sudah berjalan dengan lebih tenang. Lakukan penekanan terhadap tuas kopling kembali emnggunakan tangan kiri, lalu tekan handel gigi ke arah belakang. Perpindahan transmisi selanjutnya yaitu dari 2 ke 3-4-5 sama seperti dari 1 ke 2.

Selanjutnya adalah proses menghentikan motor, turunkan laju kecepatan sepeda motor Anda dan mulailah mengurangi transmisi gigi sampai ke posisi satu. Jika sudah berada pada posisi transmisi gigi satu mulailah untuk menekan tuas kopling dan rem secara perlahan serta tahan tuas kopling dan jangan dilepas secara spontan.

Terakhir adalah mengembalikan transmisi sepeda motor ke posisi netral dengan cara tetap menekan tuas kopling dan tekan handel gigi dengan kaki kiri kearah belakang lagi dengan setengah tekanan”jangan sampai masuk kembali ke transmisi gigi dua”. Jika sepeda motor Anda sudah dipastikan benar-benar Netral, silahkan mematikan mesin sepeda motor Anda. Lakukanlah Latihan ini sesering mungkin sampai sekiranya Anda sudah bisa dan lancar.

Sekian Tips dan Trik Berlatih Mengendarai Sepeda Motor Kopling Dengan Mudah Dan Cepat dari kami semoga dapat bermanfaat bagi Teman-teman. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Baca juga Cara Mengemudikan Mobil Matic. Salam autohkr.com

Tips Dan Trik Berlatih Mengendarai Sepeda Motor Kopling Dengan Mudah Dan Cepat | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply