Tips Dan Cara Mudah Merawat Aki Kering Motor Dengan Benar

Tips Dan Cara Mudah Merawat Aki Kering Motor Dengan Benar – Aki merupakan komponen terpenting dalam kendaraan. Selain berguna untuk menyimpan listrik, Aki juga berfungsi untuk menyalurkan listrik ke semua alat elektronik yang ada pada kendaraan. Aki terbagi menjadi dua macam, yaitu Aki Basah dan Aki Kering. Perbedaan aki kering dengan aki basah dari segi fisik wadahnya berwarna gelap dan tidak transparan seperti aki basah, aki kering juga tidak memiliki lubang seperti pada aki basah yang berfungsi untuk menambah air aki. jika pada aki basah cairannya menggunakan air aki berbeda dengan aki kering yang menggunakan cairan elektrolit berbentuk gel, keunggulan gel ini ialah tingkat penguapannya lebih minim, ketika menguappun uapnya tidak dibuang keluar melainkan tetap tertampung dalam wadah aki sehingga volume aki tetap terjaga. Kesimpulannya aki kering tidak perlu perawatan khusus seperti aki basah, namun harga aki kering lebih mahal dari pada aki basah.

Kali ini kami akan memberikan Tips Dan Cara Mudah Merawat Aki Kering Motor Dengan Benar. Aki kering sebenarnya sudah mulai diperkenalkan pada dunia otomotif sejak tahun 2005 dan aki kering mulai banyak dipilih karena memiliki banyak kelebihan seperti anti tumpah dan memiliki grid yang lebih tahan korosi dari pada aki basah. Walaupun aki kering mempunyai banyak keunggulan dari aki basah, tetap saja aki kering juga memerlukan perawatan yang benar agar pemakaian aki kering nantinya dapat bertahan lebih lama.

Berikut Ini Adalah Cara Merawat Aki Kering Agar Lebih Tahan Lama


Rutin Menggunakan Kendaraan
Cara merawat aki kering pertama yang harus diingat adalah menggunakan kendaraan sesering mungkin yang bertujuan untuk membuat aki kering bertahan lebih lama, karena jika kendaraan sering digunakan, maka sistem pengisian listrik pada aki kering tetap terjadi dan akan menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil. Kalaupun motor tidak digunakan, usahakan untuk memanaskan mesin setiap hari untuk menjaga kelistrikan pada aki kering.

Gunakan Elektrik Starter
Yang Kedua usahakan untuk selalu menggunakan elektrik starter setiap penggunaan kendaraan, kecuali pada saat memanaskan mesin motor yang sebaiknya menggunakan kick starter agar dapat membuat oli terpompa lebih cepat untuk melumasi seluruh komponen dalam mesin motor.

“Apabila sekali starter mesin tidak mau menyala maka jangan coba untuk menekan starter secara terus-menerus. Berilah jeda waktu sekitar 5 detik, barulah kemudian ditekan kembali agar memungkinkan daya aki dapat kembali stabil”.

Hindari Jalan Berlubang
Selanjutnya hindari lubang atau jalan rusak yang dapat menyebabkan goncangan berlebih pada kendaraan Anda. Sebab hal tersebut akan cepat merusak sel-sel yang berada di dalam komponen aki kering.

Memeriksa Kabel Terminal
Selalu cek kabel terminal pada aki kering dan usahakan agar selalu bersih dan tertutup rapat. Sebab jika terlalu lembab maka dikhawatirkan akan terjadi konsleting aliran listrik.

Memeriksa Komponen Kiprok
Pastikan komponen kiprok kendaraan masih berfungsi dengan baik karena komponen ini merupakan komponen yang termasuk vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua bagian kendaraan.

Melakukan Charging Pada Aki Kering
Dan yang terakhir, jika daya listrik aki kering sudah melemah maka Anda dapat melakukan isi ulang atau charging seperlunya. Untuk aki kering ini dapat menggunakan alat khusus yang memiliki daya kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere.

Nah itu saja dari kami tentang Tips Dan Cara Mudah Merawat Aki Kering Motor Dengan Benar, semoga dapat bermanfaat bagi Teman-teman. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Salam autohkr.com

Tips Dan Cara Mudah Merawat Aki Kering Motor Dengan Benar | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply