Fungsi serta Kegunaan Helm Dan Jenis Macam Helm Di Dunia

Fungsi serta Kegunaan Helm Dan Jenis Macam Helm Di Dunia – Helm adalah salah satu komponen utama alat keselamatan pada saat berkendara dan sangat wajib digunakan. Helm memiliki jenis dan fungsi yang bermacam-macam.

Apakah Anda telah menggunakan helm yang memenuhi standar? Helm sendiri memiliki sertifikat standar minimal yang bermacam-macam seperti SNI (Standar Nasional Indonesia), DOT (Standar Amerika) dan SNELL (Standar Eropa). Jika pada Helm Teman-teman terdapat logo atau tulisan SNI, DOT atau SNELL berarti helm nya sudah memunuhi standar minimal. Nah pada sesi kali ini kami akan berbagi tentang Fungsi serta Kegunaan Helm Dan Jenis Macam Helm Di Dunia untuk menambah wawasan kita dalam Dunia Otomotif.

Berikut Ini Jenis Dan Fungsi Helm Di Dunia

Adapun Fungsi Helm Sebagai Berikut

Helm Melindungi Kepala Dari Benturan Saat Kecelakaan

Apa yang terjadi jika tiba-tiba kita terpental dari sepeda motor yang sedang melaju kencang tanpa menggunakan helm? Kemungkinan besar kepala kita akan membentur sesuatu saat mendarat entah itu aspal, batu, pagar pembatas, pohon, rumput dan lain sebagainya. Tidak bisa kita bayangkan jika kita jatuh dengan posisi kepala lebih dulu pada benda keras karena bisa menyebabkan kematian. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi pada diri Anda, maka bekalilah diri Anda dengan helm yang telah memenuhi standar minimal serta aman dan nyaman saat digunakan.

Helm Melindungi Mata Dari Angin, Debu Dan Kotoran Serta Benda Keras Lainnya

Cobalah Anda pacu sepeda motor Anda secepat mungkin tanpa menggunakan helm. Sudah pasti tidak akan nyaman berkendara dengan cara seperti itu. Ada banyak ketidaknyamanan yang bisa berujung pada kecelakaan jika berkendara sepeda motor tanpa helm yang ada kaca pelindungnya seperti :

  • Mata kelilipan debu dan kotoran sehingga sulit melihat dengan jelas
  • Kepala bisa cedera jika terkena timpukan atau jatuhan benda keras
  • Angin yang kencang bisa menyebabkan penyakit bell’s palsy yang berbahaya
  • Dapat merusak paru-paru jika terus-menerus menghirup udara yang bergerak cepat
  • Wajah, leher serta rambut akan kotor dan terlihat berantakan sesampainya di tempat tujuan

Masih banyak lagi dampak buruk negatif lainnya sehingga akan jauh lebih baik bagi kita untuk selalu mengenakan helm standar yang berkualitas demi kebaikan kita bersama.

Helm Melindungi Kepala Dari Panasnya Terik Matahari

Tahukah Anda bahwa sengatan sinar matahari yang terus-menerus mengenai kulit kita dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Kulit kita bisa terkena kanker kulit yang sangat berbahaya. Belum lagi kulit bisa terbakar oleh sinar matahari sehingga akan terasa tidak nyaman. Selain itu kulit kita pun akan berubah menjadi lebih gelap/hitam sehingga akan mengurangi keindahan penampilan kita.

Helm Melindungi Kepala Dari Basah Air Hujan

Saat hujan turun helm akan sangat membantu kita untuk membuat kepala, wajah dan rambut kita tetap kering pada saat kehujanan. Kombinasi setelan mantel hujan, sepatu bot dan helm cukup untuk menaklukkan hujan ketika berkendara dengan sepeda motor. Bagi sebagian orang, kepala harus tetap kering agar tidak jatuh sakit.

Helm Membuat Penampilan Menjadi Lebih Baik (Estetika)

Helm dapat menunjukkan dan meningkatkan status sosial/kelas sosial seseorang. Ada banyak orang yang ekonominya menengah ke bawah menjadi terlihat berasal dari kalangan elit dengan sepeda motor keren dan kelengkapan berkendara yang keren pula termasuk helm. Tanpa helm yang bagus dan bersih, maka rasa percaya diri seseorang bisa turun. Helm yang keren beserta pakaian biker keren lainnya bisa menipu orang lain yang melihatnya, karena seseorang yang biasa-biasa saja bisa berubah menjadi sangat keren.

Helm Mencegah Tilang Polisi Lalu Lintas

Sudah menjadi peraturan yang wajib diketahui bersama bahwa setiap pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm standar nasional SNI agar tidak ditilang polisi di jalan raya. Dengan memakai helm yang sesuai dengan anjuran pemerintah baik untuk pengemudi sepeda motor maupun penumpang yang dibonceng, maka polisi tidak akan menilang kita untuk masalah helm. Selain helm pun kita juga wajib mentaati peraturan berlalulintas yang baik agar aman dari tilangan polisi yang hanya akan menyusahkan diri kita saja.

Bagaimana Teman-teman, Apakah Anda sudah mengerti dengan fungsi-fungsi Helm diatas? Jika sudah mengerti kita lanjut ke jenis-jenis helm yang ada di dunia.

Berikut Adalah Jenis Helm Yang Ada Di Dunia

Helm Cetok

Helm Cetok ialah helm yang banyak digunakan oleh mereka yang malas menggunakan helm dengan desain helm menutupi seluruh kepala, karena alasan tidak nyaman atau panas. Bentuk helm cetok memang sangat sederhana hanya seperti topi yang dipasang di kepala. Tentunya tingkat keamanan helm ini bisa dibilang sangat minim karena hanya mampu melindungi bagian atas kepala saja. Bagian kuping, kepala belakang dan wajah depan dibiarkan terbuka sehingga tidak tertutupi oleh helm. Tidak jarang pengendara motor harus menggunakan kacamata lagi untuk melindungi mata mereka dari debu atau gangguan lain di jalan.

Helm Half Face

Helm tipe ini sering digunakan oleh para pengendara motor gede (moge). Bentuk desain helm yang seperti helm biasa tapi tanpa kaca depan memungkinkan pengendara untuk menggunakan kacamata lain yang menambah akses jantan seperti model kacamata aviator. Namun sama seperti Helm Catok, helm jenis ini juga kurang mampu melindungi kepala, terutama bagian wajah.

Helm 3/4 Modular

Ini dia helm favorit mayoritas pengendara motor di Indonesia. Bentuk desain helm yang sederhana seperti helm half face, namun dilengkapi dengan kaca depan membuat helm ini menjadi pilihan banyak pemotor lokal. Helm ini juga mampu melindungi sebagian besar bagian kepala, dimulai dari kepala atas, belakang, telinga, hingga wajah. Walaupun begitu, helm jenis ini masih bisa dibilang kurang aman karena bagian dagu dan gigi tidak terlindungi.

Helm Full Face

Jika Anda adalah tipe yang mengutamakan keamanan diri sendiri, maka wajib hukumnya untuk memiliki helm full face. Bentuk desain helm yang melindungi seluruh bagian kepala dapat menjamin keamanan seluruh bagian dimulai dari kepala, mata, dagu hingga telinga. Karena kemampua helm full face melindungi seluruh bagian kepala, helm jenis ini sering terlihat cukup besar dan panas jika dipakai, apalagi di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Tapi mengingat pentingnya kepala bagi Anda, ada baiknya tetap menggunakan helm jenis ini setiap hari.

Helm Flip Up

Salah satu kekurangan dari helm full face adalah kurangnya fleksibilitas helm saat digunakan. Bentuk desain helm yang kaku, membuat Anda harus mencopot seluruh helm saat ingin melakukan aktivitas seperti minum air di tengah kemacetan. Namun dengan adanya helm flip up hal ini bukan lagi masalah karena bagian depan helm ini bisa diangkat ke atas sehingga helm ini akan terlihat lebih besar dari helm full face dan harga helm flip up juga lebih mahal.

Nah itulah Fungsi serta Kegunaan Helm Dan Jenis Macam Helm Di Dunia, semoga dapat menjadi motivasi bagi Teman-teman agar selalu menggunakan helm yang memenuhi standar  demi menjaga keselamatan diri sendiri. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Salam autohkr.com

Fungsi serta Kegunaan Helm Dan Jenis Macam Helm Di Dunia | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply