Cara Mudah Merawat Kampas Rem

Tips Dan Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tahan Lama – Sistem pengereman merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan, yang berfungsi sebagai alat untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan saat digunakan. Komponen pengereman memang merupakan faktor utama keselamatan berkendara. Agar sistem pengereman dapat berjalan dengan baik dibutuhkan perawatan yang baik juga, maka dari itu pemilik kendaraan wajib memperhatikan dan mengenali kondisi rem pada kendaraan mereka. Baik itu pada rem cakram maupun rem tromol.
Tips Dan Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tahan Lama
Kenali juga tanda-tanda jika kampas rem sudah mau habis, seperti saat melakukan pengereman terasa semakin dalam dari biasanya, saat melakukan pengereman rem bergetar, munculnya suara saat melakukan pengereman dan minyak rem pada sepeda motor telah berkurang. Supaya hal-hal tersebut tidak cepat terjadi, maka Anda perlu melakukan cara perawatan yang baik dan benar untuk merawat kampas rem agar tahan lebih lama dan awet.

Berikut Ini Adalah Cara Merawat Kampas Rem Yang Baik Dan Benar

Tips Dan Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tahan Lama
Selalu Periksa Kondisi Dan Posisi Tromol Rem
Untuk mencegah kampas rem lebih cepat habis, sebaiknya Anda rutin memeriksa kondisi dan posisi tromol rem, seperti pada bagian penampang dudukan cakram rem. Pastikan tromol rem selalu dalam keadaan bersih dan pastikan juga permukaan penampang dudukan cakram rem dalam kondisi yang rata, agar piringan cakram rem dapat berputar secara simetris, sehingga saat melakukan pengereman beban pada kampas rem tidak terlalu berat.

Bersihkan Kalifer Dan Pin Fleksibel Pada Rem
Langkah kedua yaitu membersihkan bagian kalifer dan pin fleksibel pada rem, agar tekanan yang diberikan pada kampas rem sama rata.

Memeriksa Jarak Antara Piringan Rem Dan Kampas Rem
Selanjutnya jangan lupa untuk memperhatikan jarak bebas antara piringan rem dan kampas rem, jika belum sempurna maka Anda dapat mengaturnya kembali dalam posisi yang tepat atau dengan cara putar roda motor Anda dan lihat bahwa piringan cakram rem motor Anda sudah tidak akan menyentuh kampas rem lagi.

Memberi Pelumas Pada Bearing Roda Rem
Pastikan bearing roda pada rem terlumasi dengan baik, lakukanlah pelumasan secara tetatur. Bagian ini bertujuan untuk menghindari terjadinya speling pada bearing yang dapat mengakibatkan piringan cakram rem bersinggungan dengan kampas rem.

Menggunakan Rem Dengan Bijak
Dan terakhir adalah Menggunakan rem dengan semestinya, hindari pengereman yang terlalu sering seperti pada saat berkendara, usahakan jarak Anda dengan kendaraan di depan tidak terlalu dekat, apabila Anda melakukan pengereman secara terus-menerus maka kampas rem akan lebih mudah terbakar, sehingga dapat mengurangi umur kampas rem.

Nah itu saja Tips Dan Cara Mudah Merawat Kampas Rem Agar Tahan Lama, semoga dapat bermanfaat bagi Teman-teman. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Baca juga Tips Dan Cara Mudah Merawat Injeksi Pada Yamaha Vixion. Salam autohkr.com

Cara Mudah Merawat Kampas Rem | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply