Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Aki Kering Yang Rusak

Tips Dan Cara Mudah Memperbaiki Dan Mengatasi Aki Kering Yang Rusak Atau Soak – Hampir semua kendaraan sekarang telah menggunakan aki kering sebagai sumber distribusi daya listriknya. Aki merupakan komponen terpenting dalam kendaraan. Selain berguna untuk menyimpan listrik, Aki juga berfungsi untuk menyalurkan listrik ke semua alat elektronik yang ada pada kendaraan. Aki terbagi menjadi dua macam, yaitu Aki Basah dan Aki Kering. Perbedaan aki kering dengan aki basah dari segi fisik wadahnya berwarna gelap dan tidak transparan seperti aki basah, aki kering juga tidak memiliki lubang seperti pada aki basah yang berfungsi untuk menambah air aki. jika pada aki basah cairannya menggunakan air aki berbeda dengan aki kering yang menggunakan cairan elektrolit berbentuk gel, keunggulan gel ini ialah tingkat penguapannya lebih minim, ketika menguappun uapnya tidak dibuang keluar melainkan tetap tertampung dalam wadah aki sehingga volume aki tetap terjaga. Kesimpulannya aki kering tidak perlu perawatan khusus seperti aki basah, namun harga aki kering lebih mahal dari pada aki basah.
Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Aki Kering Yang Rusak
Aki Kering disebut juga Maintenance Free, artinya bebas perawatan karena tidak lagi memerlukan pengisian air accu atau pun zuur secara berkala. Aki kering juga bebas bisa diletakkan dalm posisi mana saja, aki kering bisa diletakkan tegak maupun miring. Aki kering juga memiliki separator khusus dan grid yang lebih tahan terhadap korosi. Namun Bagaimana jika aki kering yang Anda gunakan tersebut rusak atau soak? apakah Anda akan mengganti aki kering tersebut dengan aki kering yang baru atau juga Anda ingin memperbaiki aki kering yang rusak tersebut ? Anda bisa kok memperbaiki sendiri aki kering yang rusak tersebut, namun bagaimana caranya ? Nah kali ini kita akan membahas cara memperbaiki aki kering yang rusak atau soak. Walaupun perawatan aki kering terbilang cukup mudah, tentu aki kering jika dipakai terus menerus akan soak atau rusak. Jika Teman-teman ingin mengganti aki kering yang baru, tentu harganya juga lebih mahal. Oleh karena itu ada baiknya kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang rusak atau soak untuk lebih menghemat pengeluaran.

Berikut Ini Adalah Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak

Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Aki Kering Yang Rusak
Untuk mempermudahkan pekerjaan, tentu Anda harus memiliki perlengkapan yang lengkap untuk memperbaiki aki kering yang soak tersebut. Berikut ini adalah Alat-alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki aki kering yang rusak atau soak :

  • Cairan aki (zuur). Air aki ini adalah yang biasanya dipakai untuk pengisian aki baru dan bukan air untuk penambah cairan aki.
  • Obeng mata min (-) ataupun alat sejenisnya yang dapat dipakai untuk mencukil atau membuka tutup aki kering yang biasanya dilekatkan dengan seal atau lem.
  • Alat suntikan yang sering dipakai untuk memasukkan tinta pada alat printer atau sering disebut SPED.
  • Sealent atau lem plastic, Anda juga dapat menggunakan lem tembak, dan yang pasti untuk merekatkan kembali bagian penutup aki kering setelah diperbaiki nanti.
  • Kain Lap atau kain kering untuk berjaga-jaga kalau ada tumpahan air zuur dan juga untuk membersihkan body aki kering dari kotoran yang membandel.

Jika Alat-alat untuk memperbaiki aki kering tersebut sudah ada semua, barulah kita ke cara atau langkah-langkah memperbaiki aki kering. Berikut ini langkah-langkah memperbaiki aki kering :

  1. Siapkan aki kering yang akan diperbaiki dan sebaiknya aki kering dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran debu yang menempel pada bodi aki menggunakan air hangat agar kotoran bisa dengan mudah terlepas.
  2. Lau, buka penutup bagian atas aki kering dengan menggunakan obeng minus secara paksa, namun tetap harus hati hati dan jangan sampai ada bagian yang robek atau pecah. Biasanya tutup merekat dengan kuat pada aki kering, karena dari pabrik sudah di lem untuk mencegah kebocoran yang dapat terjadi pada aki kering.
  3. Setelah terbuka, Anda temukan tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah tutup untuk aki ukuran kecil dan bisa lebih banyak untuk ukuran aki kering dengan ampere yang besar.
  4. Selanjutnya siapkan air zuur kedalam suntikan, setelah itu Anda bisa mulai memasukkan cairan zuur pada setiap lubang yang ada secara hati hati dengan ukuran maksimal 1 cm di bawah lubang jangan sampai terlau penuh.
  5. Tutup kembali lubang dan pastikan aki kering telah tertutup dengan rapat, jangan sampai ada indikasi kebocoran atau merembas pada aki kering.
  6. Posisikan penutup body pada kedudukan semula sampai terlihat rapi dan rapat. Jika karena proses membuka yang tadinya secara paksa telah menimbulkan kelonggaran, Anda bisa memberinya lem plastic (lem tembak) untuk membantu melekatkannya secara sempurna.
  7. Setelah itu barulah Aki kering siap untuk dilakukan CHARGER untuk pengisian tegangan, dengan cara menghubungkan pada motor atau mobil yang sudah bisa menyala (JUMPER) agar aki kering yang baru diperbaiki ini mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter. Tapi ada juga cara lain yaitu dengan melakukan pengecasan menggunakan trafo cas (Charger Transformator) untuk pengisian awal yang lebih cepat.
  8. Dan terakhir Anda bisa melakukan pengecekan pada aki kering, apakah aki kering sudah memiliki muatan tegangan atau belum. Jika sudah Anda bisa langsung memasang aki kering kembali pada mobil maupun motor yang di kehendaki. kemudian lakukan starter untuk menyalakan mesin. Jika mesin telah berhasil di nyalakan, lalu usahakan tetap pada posisi stationer (putaran langsam) hingga minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan mengisi aki kering dengan stabil.

Sekedar tips apabila Anda membeli aki kering, sebaiknya Anda memperhatikan dan memahami kode angka yang terdapat pada bagian atas bodi aki. Kode tersebut adalah catatan awal pengecasan aki yang diberikan oleh pabrik. Misalnya 15.9.11 berarti aki tersebut telah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 15 bulan 9 tahun 2011. Jadi dengan demikian Anda bisa mengetahui bahwa sudah berapa lama usia aki yang akan Anda beli. Kalau Anda telah membeli aki kering yang melewati usia 4 bulan sejak awal pengisian, pastikan Anda melakukan pengecasan terlebih dahulu sebelum menggunakan aki kering tersebut agar tegangan bisa terisi penuh secara maksimal.

Nah itulah Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak Atau Soak dari kami kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Teman-teman semua. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Baca juga Harga Aki Motor Aki Basah Dan Aki Kering Berbagai Merk. Salam autohkr.com

Cara Memperbaiki Dan Mengatasi Aki Kering Yang Rusak | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply