Cara Membayar Pajak Kendaraan Yang Benar

Cara Membayar Pajak Kendaraan Yang Benar – Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat yang membayar pajak tidak akan merasakan manfaat dari pajak secara langsung, karena pajak digunakan untuk kepentingan umum, bukan untuk kepentingan pribadi. Pajak merupakan salah satu sumber dana pemerintah untuk melakukan pembangunan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemungutan pajak dapat dipaksakan karena dilaksanakan berdasarkan undang-undang.Berdasarkan UU KUP NOMOR 28 TAHUN 2007, pasal 1, ayat 1, pengertian Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Cara Membayar Pajak Kendaraan Yang Benar
Pajak memiliki peranan yang signifikan dalam kehidupan bernegara, khususnya pembangunan. Pajak merupakan sumber pendapatan negara dalam membiayai seluruh pengeluaran yang dibutuhkan, termasuk pengeluaran untuk pembangunan. Semua pengadministrasian yang berhubungan dengan pajak pusat, dilaksanakan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak serta Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak. Sedangkan pengadministrasian yang berhubungan dengan pajak daerah, dilaksanakan di Kantor Dinas Pendapatan Daerah atau Kantor Pajak Daerah di bawah Pemerintah Daerah setempat. Nah apakah Teman-teman sudah mengerti dengan cara membayar pajak yang benar ? kali ini kami kan membagikan tentang Cara Membayar Pajak Kendaraan Yang Benar.

Berikut Ini Adalah Cara Membayar Pajak Kendaraan Yang Benar

Cara Membayar Pajak Kendaraan Yang Benar
1. Mengisi formulir permohonan pernjang STNK

Langkah pertama adalah mengisi formulir permohonan perpanjang STNK sesuai dengan data di STNK serta BPKB. Dan Anda bisa mendapatkan formulir tersebut di loket pendaftaran. Kumudian formulir harus kita isi dengan lengkap serta dilampirkan beberapa berkas yang dibutuhkan seperti :

Untuk syarat perpanjang pajak STNK tahunan

  • SNTK yang asli + fotocopy
  • BPKB yang asli / fotocopy BPKB
  • KTP yang asli + fotocopy sesuai dengan nama pada STNK dan BPKB

Untuk Syarat Pepanjang pajak STNK 5 tahunan

  • Cek fisik kendaraan
  • STNK asli + fotocopy
  • Fotocopy BPKB
  • KTP yang asli + fotocopy sesuai dengan nama pada STNK dan BPKB

2. Menyerahkan berkas pada loket

Langkah kedua setelah mengisi formulir yaitu menyerahkan berkas ke loket penyerahan berkas yang ada di samsat. Diloket ini berkas-berkas yang kita serahkan akan dicek, apakah sudah lengkap atau belum? biasanya jika berkas kita belum lengkap, berkas tersebut akan dikembalikan kepada pemiliki berkas tersebut untuk dilengkapi. Sehingga proses pembayaran pajak tersebut akan lebih lancar.

3. Mengantri sesuai nomor yang kita ambil

Langkah ketiga, setelah kita menyerahkan berkas kita diminta untuk menunggu atau mengantir sesuai nomor yang kita ambil. Setelah itu kita akan dipanggil dan diberi slip pembayaran pajak yang sudah tercantum didalamnya jumlah pajak yang harus segera dibayar.

4. Menyerahkan slip pembayaran serta jumlah uang yang harus dibayar

Langkah ke empat adalah menyerahkan slip pembayaran pajak diloket pembayaran yang disertai dengan jumlah uang yang harus dibayarkan untuk membayar pajak kendaraan kita.

5. Menyerahkan tanda bukti pembayaran pajak untuk mengambil STNK

Terakhir menyerahkan tanda bukti pembayaran pajak kedaraan kita untuk mengambil STNK yang asli. Dengan ini Anda telah membayar pajak kendaraan motor/mobil sesuai dengan posedur tanpa mengalami sedikitpun permasalahan.

Sekian dari kami Cara Membayar Pajak Kendaraan Yang Benar. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Salam autohkr.com

Cara Membayar Pajak Kendaraan Yang Benar | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply