Cara Dan Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor

Cara Dan Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor – Balik nama kendaraan bermotor merupakan proses pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik tangan pertama ke pemilik tangan kedua dan seterusnya. Biasanya proses balik nama ini dilakukan pada STNK dan BPKB.

Nah bagi Teman-teman yang ingin melakukan balik nama pada kendaraan bermotornya, tentu harus melewati langkah-langkah prosedur yang benar. Kali ini kami akan membagikan Cara Dan Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Berikut Ini Adalah Cara Dan Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor

Berikut beberapa syarat -syarat pengurusan balik nama STNK kendaraan bermotor.

  • Siapkan STNK asli beserta fotokopi.
  • Persiapkan KTP Anda (Pemilik kendaraan baru) yang asli disertai foto kopi.
  • BPKB (Asli dan foto kopi).
  • Kwitansi pembelian kendaraan bermotor yang sudah ditandatangani di atas materai Rp 6.000.

Dan biasanya untuk beberapa syarat di luar STNK dan BPKB, (seperti kwitansi dan jasa fotokopi) sudah disediakan di Polres atau Samsat sehingga Anda akan lebih mudah dalam memenuhi syarat -syarat pengurusan balik nama STNK kendaraan bermotor tersebut.

Jika beberapa syarat sudah terpenuhi maka cara balik nama kendaraan bermotor selanjutnya yaitu melewati prosedur atau tahapan pengurusan balik nama STNK kendaraan bermotor.

Berikut ini Langkah-Langkah Melakukan Balik Nama STNK Motor

Pergi ke Kantor Samsat

Pertama tentu Anda harus datang ketempat kantor pengurusannya, yaitu kantor Samsat. Sebelum datang ke kantor Samsat, pastinya Anda harus menyiapkan beberapa syarat maupun dokumen yang diperlukan, seperti yang telah disebutkan di atas tadi. Antara lain KTP asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, dan BPKB fotokopi. Fotokopi dari ketiga dokumen tersebut dijadikan satu (disteples) atau bisa juga dalam map. Sementara itu, untuk BPKB asli dan kwitansi pembelian Anda pegang dulu secara terpisah.

Pengecekan Fisik Kendaraan Bermotor

Cek atau tes fisik kendaraan bermotor merupakan tahapan pengurusan balik nama STNK kendaraan bermotor. Bawa motor Anda ke tempat cek fisik, nanti akan ada petugas yang akan melakukan tes fisik kendaraan sobat. Jika sudah selesai, Anda akan diberikan lembaran hasil cek fisik (umumnya berupa gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin kendaraan). Bawa lembaran tersebut untuk diserahkan bersamaan dengan beberapa dokumen kelengkapan yang sudah sobat persiapkan di loket pengesahan cek fisik khusus balik nama untuk divalidasi. Ketika di loket penyerahan, persiapkan uang mengingat nantinya pada tahapan pengurusan balik nama STNK kendaraan bermotor ini penyerahan hasil cek fisik ini sekaligus juga melakukan pembayaran. Nah, jika proses validasi data dari cara balik nama kendaraan bermotor ini sudah selesai maka nanti hasil pengesahan cek fisik dan berkas tadi akan kembali diserahkan kepada Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk hasil pengesahan cek fisik dan kwitansi pembeliannya difotokopi lalu disimpan untuk melakukan pengurusan balik nama BPKB di POLRES/POLDA setelah STNK selesai dibalik nama di SAMSAT.

Pendaftaran Balik Nama STNK

Selanjutnya adalah melakukan pendaftaran pada loket pendaftaran balik nama di kantor Samsat. Pada tahapan ini, siapkan beberapa dokumen, antara lain STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, hasil cek fisik yang telah divalidasi dan jangan lupa kwitansi pembelian motor yang ditandatangani di atas materai Rp 6.000. Masukan dokumen tersebut dalam map atau disteples lalu diserahkan pada petugas. Nanti, bersamaan dengan waktu penyerahan Anda akan diberi formulir untuk diisi yang kemudian formulir itu tadi diserahkan kembali ke petugas loket lain bersamaan dengan beberapa kelengkapan dokumen lainnya. Lalu tunggu sampai nama Anda dipanggil. Nantinya, jika sudah dipanggil KTP asli beserta BPKB yang asli akan segera dikembalikan kepada sobat sekaligus membayar biaya pendaftaran balik nama. Sampai pada proses ini, cara balik nama kendaraan bermotor sudah selesai. Terakhir hanya tinggal menunggu prosesnya selesai atau bisa ditanyakan kepada petugas. Umumnya, proses akan selesai dalam waktu 2-5 hari.

Ambil Notice dan Lakukan Pembayaran Pajak

Jika hari yang ditentukan telah tiba sejak pengurusan balik nama, maka cara balik nama kendaraan bermotor yang harus dilakukan selanjutnya adalah sobat datang ke kantor Samsat kembali dan jangan lupa untuk membawa lembaran tanda terima dan BPKB yang asli. Siapkan kedua dokumen tersebut untuk diserahkan ke loket pendaftaran balik nama. Selain itu, serahkan juga fotokopi kwitansi pembelian dan fotokopi hasil dek fisik kepada petugas. Setelah itu, sobat akan diberi notice pajak di mana dalam notice tersebut akan diinformasikan secara rinci jumlah pajak yang harus sobat bayar. Nah, jika sudah mendapat notice ini maka tahapan pengurusan balik nama STNK kendaraan bermotor selanjutnya sobat tinggal membayar di loket pembayaran.

Pengambilan STNK yang Sudah Jadi

Jika sudah melakukan pembayaran, maka tahapan pengurusan balik nama STNK kendaraan bermotor ini sudah selesai. Tapi tunggu dulu sampai nama Anda dipanggil lagi untuk mengambil STNK yang sudah dibalik nama menjadi nama Anda.

Jika Teman-teman sudah mengerti dengan Sayarat Dan Cara Membalik Nama STNK Motor, selanjutnya ialah Langkah-langkah membalik nama BPKB Motor.

Berikut ini Langkah-Langkah Melakukan Balik Nama BPKB Motor

Berikut ini syarat-syarat membalik nama BPKB motor.

  • Fotokopi STNK nama Anda atau yang telah dibalik nama
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi BPKB
  • BPKB yang asli disertai fotokopi
  • Fotokopi hasil pengesahan cek fisik
  • Fotokopi kwitansi pembelian kendaraan bermotor

Apabila syarat terpenuhi maka Anda bisa melewati beberapa prosedur Langkah-langkah untuk pengurusan balik nama BPKB yang di antaranya sebagai berikut:

Pergi ke POLDA atau POLRES
Sama dengan proses balik nama STNK, untuk cara balik nama kendaraan bermotor BPKB ini Anda harus mengurusnya ke kantor POLDA, Anda tidak bisa mengurusnya di POLSEK. Namun, di beberapa daerah proses tahapan pengurusan balik nama BPKB ini bisa dilakukan di POLRES.

Lakukan Proses Pembayaran di Loket Bank

Selanjutnya adalah menyerahkan berkas persyaratan balik nama BPKB kepada petugas. Anda akan diberi nomor antrian dari petugas. Nantinya akan ada petugas yang datang untuk mengecek kelengkapan dari berkas yang berisi persyaratan tadi, apabila lengkap maka petugas yang memeriksa dokumen sobat akan memberikan tanda pembayaran kepada sobat. Lalu Anda bisa menuju ke loket pembayaran untuk melakukan pembayaran sebesar Rp 80.000. Jika sudah membayar, salinan slip bukti pembayaran dan stiker khusus yang nantinya akan ditempelkan pada formulir pendaftaran.

Mengisi Formulir Pendaftaran BBN BPKB

Setelah itu adalah mengisi formulir yang diberikan kepada Anda dengan Benar. Isilah formulir sesuai dengan data motor yang Anda miliki lalu tempelkan pada formulir pendaftaran. Telitilah dalam mengisi formulir ini agar proses balik nama BPKB bisa berjalan lancar.

Serahkan Formulir Beserta Berkas Persyaratan Kepada Petugas

Apabila formulir sudah diisi sesuai kondisi kendaraan yang Anda akan urus maka serahkan formulir dan beberapa berkas persyaratan tadi kepada petugas. Selanjutnya tunggu sampai Anda dipanggil lagi untuk menerima tanda bukti terima BPKB yang menandakan jika BPKB Anda sudah didaftarkan dan tengah dalam proses balik nama. Dalam tanda terima tersebut, biasanya berbentuk kertas kecil dan jangan dibuang. Sebab, tanda terima tersebut juga mencantumkan tanggal BPKB yang sobat balik nama tadi selesai. Sampai tahapan ini, tahapan pengurusan balik nama BPKB sudah selesai, tinggal pengambilan BPKB di hari yang tertera pada tanda terima.

Pengambilan BPKB

Menginjak pada tanggal dan hari yang telah ditentukan, datanglah kembali ke POLDA atau POLRES (sesuai tempat sobat mengurus di awal tahapan) untuk pengambilan BPKB yang telah dibalik nama. Untuk mengambil BPKB ini Anda perlu membawa tanda terima beserta fotokopi KTP maupun KTP asli. Untuk tahapan pengurusan balik nama BPKB ini tak memerlukan waktu yang lama, Anda hanya tinggal ambil nomor antrian pengambilan BPKB. Cukup tunggu sebentar sampai nama sobat dipanggil. Nantinya, ketika sampai di nomor antrian Anda atau dipanggil petugas, serahkan tanda terima dan fotokopi KTP untuk proses pencocokan oleh petugas bahwa BKPB sesuai dengan KTP Anda.

Nah itulah Cara Dan Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor, semoga dapat bermanfaat bagi Teman-teman dan jangan lupa untuk share artikel ini ya. Salam autohkr.com

Cara Dan Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor | AutoHkr.com | 4.5

Leave a Reply